Senin, 17 Juli 2017

Manfaat Dan Khasiat Buah Abiu Untuk Kesehatan Tubuh

Buah ABIU
=========>>
Buah Abiu merupakan sebuah buah yang memiliki nama latin Pouteria caimito. Buah ini cukup terkenal di Indonesia karena rasanya yang sedikit aneh dan juga tidak biasa. Jika dilihat dari bentuk dan pohonnya buah ini hampir mirip sekali dengan buah sawo. Daun dari buah ini memiliki bentuk jorong dengan ujung yang meruncing dan memiliki panjang 10 hingga 20 cm dan memiliki lebar 3 sampai 6 cm. Jenis buah ini merupakan jenis bunga tunggal tetapi juga bisa tumbuh dengan cara berkelombok dengan warna putih yang kehijauan. Kemudian untuk panjangnya sekitar 4 hingga 8 mm. Kandungan dari buah ini telah memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A, B dan C, kalori, zat besi, protein, lemak, kalsium dan juga serat. Tentu dengan kandungan tersebut dipercaya telah memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat. Lalu apa saja manfaat dan khasiatnya, berikut inilah manfaat dan khasiat buah abiu untuk kesehatan.

Aibu merupakan buah sejenis sawo segar yang berasal dari negara Australia, buah ini mempunyai rasa yang aneh dan tidak biasa menurut lidah orang Indonesia akan tetapi buah abiu ini mengandung sejuta manfaat bagi manusia di antaranya buah abiu ini memiliki fungsi serta kegunaan yang sama dengan Titan Gel yaitu untuk kesehatan serta keperasaan jaringan organ vitalitas secara alami . Buah ini mempunyai ciri seperti sawo dengan bentuk lonjong hingga membulat, dengan ukuran panjang sekitar 6-12 cm dan beratnya sekitar 150 hingga 500 gram per buahnya.

Manfaat buah abiu
Pohon buah aibu dapat tumbuh subur di dataran rendah dan di dataran tinggi, pohon ini mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu cepat berbuah karena pada umur 2 tahun 2 bulan tanaman ini cepat berbuah. Daging buahnya mempunyai warna putih bening dengan rasa khas manis dan legit. Karena orang Indonesia menganggap bahwa buah ini mempunyai rasa aneh, mereka menggambarkan bahwa buah ini memiliki rasa seperti kelapa muda dengan paduan susu dengan caramel. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi berbagai makanan karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah abiu, atau dengan nama latin Pouteria caimito. Buah yang satu ini lumayan terkenal dinegara indonesia, dengan rasanya yang lumayan aneh serta tidak biasa. Dilihat dari bentuknya dan juga pohonnya, buah abiu memang serupa dengan buah sawo. Daun buah abiu berbentuk jorong dengan ujung yang runcing serta panjang kurang lebih 10-20 cm dan lebar 3-6 cm. Buah abiu mempunyai jenis bunga tunggal namun dapat juga tumbuh bergerombolan dengan warna putih kehijauan serta panjang bunganya kurang lebih 4 sampai 8 milimeter. Tanaman tersebut juga mempunyai getah berwarna putih kemerahan. Buah abiu berbentuk lonjong ataupun bulat dengan panjang kurang lebih sekitar 6-12 cm dan juga berat sebesar 150-500 gram perbiji. Akan tetapi sedikit berbeda dengan pohon sawo, buah abiu bisa tumbuh tinggi mencapai 35 meter.

Kandungan Buah Abiu

Untuk kandungan gizinya, buah abiu mengandung banyak sekali vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan juga Kalori. serta serat sehingga mengkonsumsi buah abiu untuk kesehatan kita. Untuk lebih jelasnya lagi, perhatikanlah jenis-jenis kandungan gizi buah abiu berikut dibawah ini:

    Kalori 95 kal
    Kadar Air 74,1 gram
    Serat 30 gram
    Protein 2,1 gram
    Vitamin B 0,2 mg
    Zat Besi 1,8 mg
    Lemak 1,1 g
    Vitamin B2 0,2 mg
    Kalsium 96,0 mg.

Khasiat buah abiu khususnya untuk kesehatan tubuh manusia
============================================================>

1. Memperlancar sistem pencernaan

Buah Abiu ini memiliki kandungan yang kaya akan serat yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan dan bisa mencegah anda untuk terkena sembelit. Selai itu, serat juga akan membantu tubuh anda untuk menyehatkan organ pencernaan seperti usus dan juga lambung. Dengan kandungan serat tersebut, maka sistem perncernaan anda akan menjadi lebih lancar dan juga menghindarkan anda dari penyakit kanker usus.

2. Menjaga organ mata agar tetap sehat

Kandungan vitamin A yang ada pada buah abiu ini sangatlah penting sekali dalam menjaga dan juga melindungi kesehatan mata. Vitamin A dari buah ini juga bisa untuk meningkatkan kemampuan dan juga penglihatan mata anda. Bukan hanya itu saja, kandungannya juga bisa untuk mencegah mata dari penyakit katarak. Jika anda memiliki masalah dengan mata anda, bisa untuk mengonsumsi buah abiu ini untuk mengatasinya.

3. Mengatasi radikal bebas

Kandungan vitamin C di dalam buah abiu ini bisa mencegah tubuh untuk terhindar dari radikal bebas yang bisa merugikan tubuh dan kulit anda. Berbicara tentang radikal bebas sendiri sangatlah berbahaya sekali bagi kesehatan kulit anda. Radikal bebas biasanya memiliki banyak kandungan seperti zat karsinogenik sebagai zat yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan penyakit kanker.

4. Meningkatkan daya imunitas tubuh

Banyak orang yang telah mengetahui bahwa jika kebutuhan vitamin C telah dipenuhi, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Buah abiu memiliki kandungan vitamin C yang sangatlah baik jika anda konsumsi secara rutin. Vitamin C ini bisa membantu anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa mencegah kita dari berbagai macam penyakit. Tentu dengan hal ini bisa menjadikan tubuh kita menjadi lebih sehat dan menjadi lebih fit.

5. Mengatasi gangguan atau masalah sistem pernapasan

Kandungan dari buah abiu ini juga bisa untuk mengatasi gangguan ataupun masalah pada sistem pernapasan. Jadi, apabila anda memiliki masalah atau gangguan pada sistem pernapasan anda, dengan mengonsumsi buah ini maka bisa mengatasi anda penyakit tersebut. Selain itu juga bisa mengatasi brokus dan juga meringankan penyakit batuk anda.

Buah abiu sendiri banyak dibudidayakan di benua Australia sehingga lebih dikenal dengan sebutan Sawo Australia, meski tanaman ini aslinya berasal dari sekitar Amazon, dataran rendah Peru, dan Brazil. Buah ini dapat tumbuh subur di tanah beriklim tropis dan subtropis. Mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Jika dibandingan dengan keluarga Sapotaceae lainnya, keistimewaan buah abiu ialah lebih cepat berbuah. Hanya menunggu sekitar dua tahun, tanaman asal biji pun mulai berbunga dan dalam waktu dua bulan kemudian bungan sudah berkembang menjadi buah yang berwarna hijau hingga kemudian berangsur-angsur warna berubah menjadi kuning cerah yang menandakan bahwa buah abiu telah siap untuk dipanen alias sudah masak. Buah abiu dapat langsung dipetik dengan tangan saja karena tidak memiliki tangkai buah sehingga tidak memerlukan gunting atau alat pemotong lainnya.

Melihat lebih ke dalam lagi pada buah abiu, pada daging buahnya berwarna putih bening dengan ciri khas rasa manis dan legit yang segar. Ada yang mengatakan bahwa rasa daging buahnya mirip dengan kelapa muda, ada juga yang mengatakan mirip seperti perpaduan antara karamel dan susu. Buah abiu dapat dinikmati dengan cara dibelah melintang atau membujur bahkan disendok karena struktur daging buahnya lembek dan sedikit berair seperti jeli. Hal ini membuat buah abiu benar-benar mirip dengan kelapa muda. Dalam satu buah biasanya terdapat kurang lebih satu sama lima biji abiu. Selain dapat dinikmati secara langsung, daging buah abiu juga bisa diolah menjadi campuran bahan makanan seperti Abiu Carambola Chicken Breast, yakni olahan dada ayam goreng yang dimasak dengan menggunakan campuran antara belimbing dengan buah abiu yang telah dijadikan jus, atau bisa juga dijadikan campuran dalam Beefburger dan jenis masakan lainnya. Yang pasti, mengkonsumsi buah abiu bisa dilakukan sesuai selera.

Bukan hanya buah saja, getah dari pohon abiu ini juga sangatlah bermanfaat sekali bagi anda untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit cacingan pada tubuh anda. Jadi bagi anda yang memiliki penyakit cacingan, bisa untuk mengonsumsi buah abiu ini untuk mengatasi penyakit cacingan.

Tentu dengan buah abiu ini bukanlah untuk makan pada saat bersantai saja dalam sehari-hari. Tetapi buah ini juga memiliki vkandungan vitamin dan juga mineral yang sangatlah bermanfaat dan juga berkhasiat bagi tubuh. Jadi jika anda ingin sehat dalam sehari-hari, buah ini juga cocok untuk anda konsumsi. Maka janganlah anda ragu lagi untuk mengonsumsinya.

Demikian informasi tentang manfaat dan khasiat buah abiu yang bisa saya berikan kepada anda. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.Meskipun buah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tetap dianjurkan agar dikonsumsi dengan kadar yang bijaksana atau tidak berlebihan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI